Apakah Mobil Bekas Tergeser Oleh Mobil Baru Murah

On September 29, 2013

Gadai bpkb – Hadirnya mobil murah ramah lingkungan (LCGC)  di perkirakan akakan membuat pasar mobil bekas (second car) tergeser. Situasi ini tidak ditampik oleh salah satu produsen yang sudah ikut LCGC, Toyota Astra Motor (TAM).

 

leasback-mobil-bekas

Sebelumnya diperkirakan pasar mobil bekas akan tergerus sehingga membuat resah para pedagang mobil bekas. Pedagang mobil bekas di beberapa daerah, termasuk Jakarta, juga mengeluhkan kehadiran mobil murah. Menurut mereka konsumen mobkas, banyak yang beralih ke mobil murah daripada membeli mobil seken.

“LCGC akan menggeser pasar mobil bekas, bisa jadi seperti itu. Jadi sebenarnya bukan menggeser mobil bekas, karena memang pasar LCGC berkembang sehingga dapat memproduksi mobil murah. Mobil bekas memang cenderung turun naik, tapi pasar mobil bekas tidak akan mati karena selalu dibutuhkan konsumen, karena konsumen dapat membeli mobil murah dengan fitur yang lengkap” jelas Presiden Direktur PT TAM, Johnny Darmawan, di booth Toyota, Hall D, JIExpo, Kemayoran, Jakarta Pusat.

Johnny menambahkan, tidak ada mobil murah pun pasar mobkas memang gampang goyang. Contohnya, bila banyak diskon besar dari produsen, bisa dipastikan mobkas akan turun penjualannya.

“Kalau diperhatikan lebih jauh, menutut saya malah mobil bekas tidak tergoyahkan dengan kehadiran LCGC. Contohnya begini, orang niat membeli BMW, tapi membeli BMW baru uangnya masih kurang, kalau dia pindah membeli LCGC pasti gengsi, jadi pilihannya membeli mobil BMW bekas,” lanjut Johnny.

“Pasar mobil bekas itu pasti ada, dengan adanya LCGC nanti akan terbentuk lagi segmen baru di pasar mobkas, yakni segmen bawah, menengah dan segmen atas mobkas,” tutup Johnny.

Leave a Reply

Your email address will not be published.