bisnis online vs bisnis real “untung dan ruginya”

On December 20, 2015

jika berbicara tentang bisnis online mungkn sudah sangat banyak pelakunya dari bisnis jenis ini, tidak sediit pula bisnis secara offline yang dilakukan dan menjadi model dasar atau modal pertama dari sebuah bisnis.

 

bisnis-online

Tidak dapat terelakan ketika perkembangan teknologi semakin maju serta kebutuhan akan  kecanggihan yang ditawarkan teknologi semakin meningkat, ini tanda dari sebuah kemajuan yang tidak dapat dihindari oleh para pengguna atau pun pelaku bisnis.

Bisnis online meningkat tajam baik dari pelaku atau konsumennya sejak tahun 2000 sampai saat ini, saya ingat waktu itu bisis online dengan menjualkan sebuah informasi yang memiliki peminat paling banyak, tahun ketahun terlewati akhirnya bisnis online pun berkembang lebih pesat.seperti hadirnya.

marketplace yang memberikan kemudahan untuk masyarakat menjual barang pribadinya sendiri melalui internet seperti kita ingat waktu itu ada Tokobagus.com yang sekarang berubah menjadi OLX.com.

Karena meningkat tajamnya sehingga muncul banyak pesaing yang memenuhi dunia berbisnis online, bahkan para pelaku usaha sendiri dapat berjualan secara langsung dengan membuat sebuah website e commerce  untuk jualan produk baru atau bekas.

Selain dengan berjualan online bisa juga dengan berjualan jasa, menjadi seorang publisher, penulis artikel dan lainnya.

Apa sih yan menjadi keuntungan ketika menjalani bisnis online ini ?

Keuntungan yang pertama adalah pebisnis dibebaskan dari keterikatan waktu, karena bisnis ini dapat dijalankan diwaktu luang dan dapat juga dijalankan dengan waktu penuh, tergantung mana yang dipilih oleh pelaku bisnis online.

Yang kedua memberikan keuntungan pasti, walaupun memakan waktu yang cukup lama tapi jika bisnis online digeluti dan dijalankan dengan konsisten dan komitmen akan mendatangkan hasil yang sangat luar biasa kedepannya.

Menggunakan modal yang relative lebih kecil ketimbang bisnis offline, karena dalam bisnis online pelaku bisnis hanya membutuhkan website sebagai sarana menjual, biaya promosi dan juga biaya produk, tanpa harus memikirkan untuk biaya sewa kios dan sejenisnya yang dilakukan pada bisnis offline.

Untuk bisnis ini tentu juga memiliki beberapa kelemahan diantaranya yaitu memakan waktu yang tidak sebentar artinya pelaku bisnis harus ekstra bersabar dan komitmen dengan bisnisnya, selain itu juga dalam bisis ini harus betul-betul mempelajari serba serbi bisnis online,

 

seperti promosi yang efektif dan pembangunan sebuah merek, bagi yang malas belajar ini akan menjadi kendala serius.

Setelah bisnis online sekarang kita membahas bisnis offline, apa sih maksud dari bisnis offline ini ? sebenarnya bisnis offline adalah bisnis konvensional yang biasa dijalankan oleh pelaku usaha dari dahulu kala sampai saat ini.

Bisnis offline adalah bisnis yang dilakukan secara langsung tidak melalui media internet, sekalipun media internet digunakan hanya sebagai sarana untuk berpormosi, untuk bisnis jenis ini sudah sangat banyak kita temui disekitaran kita, dari berjualan produk sampai jasa ada dalam bisnis ini.

Keuntungan yang ditawarkan juga sangat menarik dan bertahan lama, serta penghasilan yang dijanjian tidak memakan waktu terlalu lama, dalam bisnis ini juga bisa dilakukan secara tahap pertahap dari kecil sampai besar, dan sudah pasti karena bisnis ini sifatnya offline calon konsumen dapat melihat langsung produk yang ditawarkan sehingga tidak terlalu menyulitkan pelaku bisnis ini untuk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Kelemahan bisnis ini adalah modal dan biaya yang dikeluarkan relative besar, karena dalam bisnis ini biasanya membutuhkan tempat atau lokasi, jika produk dagang maka dibutuhkan tempat untuk display produk, jika jasa maka dibutuhkan tempat untuk kantor.

Selain kelemahan dan keuntungan yang ditawarkan dalam kedua bisnis ini  akan sangat efektif jika bisa menjalankan keduanya baik online atau offline, dengan menggabungkan kedua bisnis ini akan lebih memudahkan penjualan dan mendapatkan kepercayaan pelanggan anda

Comments are closed.