Cara mengelola bisnis untuk pemula

On December 22, 2015

Seiring berkembangnya trend menjadi pebisnis, ramai-ramai orang ter-utama anak muda berinvasi ke dunia bisnis, tentunya dengan keuntungan yang ditawarkan oleh dunia binsis tersebut, tanpa mereka sadar sebenarnya banyak jebakan yang mematikan didalam dunia bisnis.

images (1)

dalam bisnis terdapat jebakan yang sangat berbahaya yang dapat menenggelamkan bisnis yang baru saja dimulai dengan sekejap waktu, karena untuk seorang pemula biasanya dilakukan hanya sekedar berbisnis tanpa memikirkan cara pengelolaan bisnis yang baik dan tepat.

walalupun memang tidak ada aturan baku dalam pengelolaan bisnis tapi tetap saja ini menjadi dasar fundamental dalam berbisnis. Tetapi tetap saja walaupun tidak ada aturan baku dalam pengelolaan bisns yang baik menjadi kewajiban untuk seorang pebisnis , mungkin anda sering mendengar management bisnis?

Ya itulah ilmu yang mempelajari tentang pengelolaan bisnis dengan biak.

Ada beberapa faktor pengelolaan yang menjadikan bisnis tersebut bisa hancur jika dilakukan dengan cara yang salah :

Antaranya :

Pengelolaan keuangan

Pengeloaan resiko

Dan pengelolaan secara menyeluruh tentang bisnis anda

 

Untuk pengelolaan keuangan dalam berbisnis saya tidak akan membahasnya disini, mungkin artikel berikutnya akan saya bahas masalah tersebut,

tapi untuk pengelolaan resiko juga tentu akan saya bahas dalam artikel berikutnya sekedar gambaran saja pengelolaan resiko atau yang disebut risk management bertujuan untuk mengatur dan meminimalisir resiko yang hadir dalam bisnis anda.

Seperti yang id jabarkan oleh guru bisnis Indonesia Pak Ciputra dalam seminar bisnis bisnis di Global Entrepreneurship Week di Gedung Bank Indonesia (BI) Jakarta, Senin (12/11/2012). Yang lebih mengedepankan masalah keunikan produk, menciptakan sebuah merek sendiri yang kuat dan mudah didingat, serta juga memanfaatkan media Internet sebagai sarana untuk berpormosi.

 

 

 

Dalam pengelolaan bisnis  :

Pengelolaan produksi, ini menentukan bagaimana mengatur dan merencanakan semua hal tentang produksi produk, dari mulai mempersiapkan bahan dan bagaimana ketersediaan bahan baku yang akan dijadikan untuk sebuah produk.

Pengawasan ketika produk tersebut dibuat oleh tenaga kerja guna menjaga kualitas produk yang akan dibuat agar konsumen tidak kecewa dan meninggalkan produk anda,

 

Pengelolaan pendistribusian produk

ketika produk yang dibuat sudah jadi, langkah yang seharusnya dilakukan adalah memikirkan cara pendistribusiannya, sederhananya untuk usaha seperti jualan online pendistribusian tidak lagi menjadi kendala karena sudah banyak perusahaan ekspedisi yang menawarkan jasanya untuk mendistribusikan produk anda langsung ke konsumen.

 

Pengelolaan dibutuhkan dalam hal ini untuk mencegah kendala yang diluar perencanaan, tentunya kendala dalam pendistribusian produk, dalam pengelolaan ini pebisnis harus memiliki beberapa alternative  solusi jika terjadi kendala kedepannya.

Pengelolaan promosi atau pemasaran

Kendala dalam setiap tahapan bisnis pasti akan selalu ada baik itu kendala kecil bahkan kendala besar, inilah pentingnya pengelolaan yang baik dalam sebuah bisnis.Untuk pengelolaan dalam pemasaran sebuah produk dimulai dari membuat sebuah rencana promosi.

 

target promosi yang berupa buyer persona dari produk tersebut, biasanya untuk pemula hanya menerapkan promosi saja tanpa pengelolaan yang baik, padahal dalam pengelolaan pemasaran yang tepat akan menghasilkan target dan tujuan dari promosi produk tersebut, inilah yang diharapkan oleh setiap pebisnis yaitu adalah hasil akhir yang sesuai dengan harapan.
Dengan pengelolaan pemasaran yang tepat dan baik akan mencegah dari kendala pemasaran yang berarti, seperti salah target dan hasil akhir yang tidak memuaskan,

Comments are closed.