cara menjadikan hoby menjadi bisnis yang menjanjikan

On December 24, 2015

punya hoby ? bagaimana jika hoby tersebut dijadikan sebagai penghasilan tambahan ?

apa bisa? Jawabannya pasti bisa.

Untuk menjadikan sebuah hoby menjadi bisnis memang bukan hal yang instan, tergantung dari jenis apa hoby anda tersebut, apakah hoby olah raga atau jalan-jalan, otomotif dan lainnya, untuk menjadikan sebuah hoby menjadi bisnis yang menghasilkan sudah sangat banyak contohnya.

 

bisnis-hoby

Apa yang mereka lakukan agar hoby mereka menghasilkan dan menjadi bisnis yang tetap/ Ini akan saya bahas nantinya, teruskan saja membaca artikel ini karena akan banyak kejutan untuk anda, dalam hal ini saya teringat tentang teman saya, akan saya ceritakan sedikit bagaimana teman saya tersebut menjadikan hoby nya menjadi bisnis yang sangat menggiurkan untuk dicoba.

Teman saya menyukai atau mencintai sebuah hoby yaitu memancing, waktu saya hoby mancing orang tua saya melarang karena dengan alasan ketika saya sudah memancing akan lupa segalanya, termasuk mencari uang atau bekerja.

Karena sering dimarahi orang tuanya, teman saya ini seakan tak perduli dengan teguran orang tuanya karena sudah keranjingan dengan memancing dan sekolahpun jarang masuk, sampai sudah memiliki keluargapun tetap memancing jadi prioritasnya sampai melupakan tugasnya untuk mencari uang untuk keluarga.

Sambil memancing dia memikirkan bagaimana caranya agar hoby  tersebut tidak menjadi bomerang untuknya, akhirnya dia berpikir untuk menjual pakan dan perlengkapan memancing dekat dengan lokasi tempat biasa dia memancing.

Karena memancing adalah hoby nya dan jika menjalankan bisnisnyapun dengan sangat menikmati, karena wajar jika baru awal pembukaan kiosnya masih sepi pelanggan, tapi sekali lagi karena dia mencintai memancing inilah yang menyebabkan dia bertahan pada bisnis dagang perlengkapan pancing yang dijalaninya.

Dengan konsisten dia menjalani bisnis tersebut tanpa merasakan penat dan patah semangat ketika menemui halangan dan permasalahan, menjadikan bisnisnya berkembang dari awalnya hanya menjual perlengkapan dan pakan untuk memancing saja saat ini sudah mulai menjual kelengkapan memancing yang lebih lengkap dengan tambahan pakan untuk hewan ternak.

Dengan sabar dia menjalani bisnis kios tersebut, sampai akhirnya memutuskan untuk menyewa sebuah lahan dan dijadikan kolam pemancingan, karena dasarnya dia adalah penghoby memancing tentu saja pergaulannya pun sekitaran orang yang hoby memancing. baru saja dibuka kolam ikan miliknya sudah ramai pengunjung, tentu saja mereka yang menjadi pelanggan pertama adalah teman-temannya waktu di dunia permancingan.

 

Dari cerita diatas apa yang dapat anda tangkap dan cermati ?

Cerita diatas bukan rekayasa tapi memang terjadi sekaligus menjadi pelajaran untuk orang yang ingin menjadikan hoby sebagai bisnisnya. Dari serita diatas bagi yang mencermati dimana poin agar menjadikan hoby menjadi bisnis yang menjanjikan adalah :

Kuasai apa yang memang menjadi hoby anda, tentu saja kuasai ilmunya

Bergabung ke beberapa komunitas atau perkumpulan yang sesuai dengan hoby anda

Jalin pertemanan dengan baik antara orang yang sehoby dengan anda, terutama yang menjadi komunitas di hoby anda.

Cobalah mencari apa yang menjadi kebutuhan dari komunitas tersebut yang anda bisa memberikan solusinya atau mencarikan solusinya.

Karena apa yang dijalankan adalah hal yang dicintai menjadikan teman saya tersebut tak kenal patah semangat, bahkan saat kiosnya tersebut sepi akan pengunjung , tentu saja biasanya orang jika awalnya sangat bersemangat dalam berbisnis tetapi dalam beberapa waktu setelah dimulai bisnisnya tidak seramai yang diharapkan, tentu orang tersebut akan mencari bisnis lain sebagai pengganti bisnis yang sudah tidak ramai tersebut.

Inti dari artikel ini adalah “ menyukai yang dilakukan, konsisten dan bersabar”  tentu saja dalam hal berbisnis. dan bisa juga dilanjutkan dengan membaca artikel cara mengelola bisnis untuk pemula dan apabila terkendala dalam dana modal usaha bisa meng agunkan bpkb kendaraan anda dari mobil maupun motor.

Comments are closed.