Ini sumber lain sebagai modal bisnis

On January 4, 2016

Sumber modal bisnis– pada artikel tips mencari modal bisnis saya sudah membahasnya sebagian, untuk kali ini akan saya bahas lagi cara mencari modal usaha dengan menggunakan sumber lain sebagai modal bisnis.

Memulai bisnis tidak bisa terlepas bagaimana cara mencari modalnya, karena bisnis tentu saja membutuhkan modal entah dari modal pribadi atau pihak lain, dalam menjalankan bisnispun jika ingin lebih berkembang perusahaan harus lebih inovatif untuk membuat seuatu produk dan tentu sajah dengan menambahkan modal baru untuk mengembangkan bisnisnya.

 

Modal-Bisnis

Dalam menjalankan hal tersebut,  baik untuk sekala kecil, menengah dan besar sekalipun modal menjadi kebutuhan dasar yang sangat fundamental, banyak buku dan artikel yang membahas tentang permodalan bisnis dan juga banyak juga pelatihan-pelathian bisnis yang saat ini sedang berkembang.

Bagaimana caranya agar mendapatkan modal bisnis?

Modal bisnis bisa didapat dari orang lain atau pihak lain, selain diri kita sendiri entah dari hasil usaha atau tabungan pribadi, untuk bisnis sekala menengah dan besar modal yang dibutuhkan tentunya tidak sedikit, biasanya pemilik perusahaan yang membutuhkan modal besar mendapatkan modal bisnis dari pihak lain entah dengan cara bekerja sama atau  atau cara lain.

Modal bisnis pula didapat dari pihak perusahaan seperti meminjam uang kepada pihak bank yang memberikan layanan untuk UMKM atau juga melakukan pinjaman dana kepihak bank atau lembaga keuangan lain dan perusahaan pembiayaan dengan menjaminkan asset.

Bagaimana caranya agar sumber lain mau memberikan modal ?

Jika perusahaan besar akan mendaftarkan perusahaan mereka ke bursa saham dan para pialang saham yang akan mencarikan investor untuk perusahaan mereka,  tapi bagaimana dengan perusahaan kecil dan menengah yang belum bisa mendaftarkan diri dibursa saham?

Sangat jelas tentunya dengan memanfaatkan sumber lain seperti teman, orang tua, bahkan keluarga juga bisa dijadikan sumber lain, dan pihak perusahaan pembiayaan.

Untuk perusahaan pembiayaan yang dapat memberikan pinjaman dana biasanya meminta jaminan asset, dan hanya suratnya saja seperti surat kepemilikan tanah, surat kepemilikan kendaraan, yang dijadikna sebagai jamianan.

Ketika mengajukan pinjaman kepada pihak perusahaan anda tidak perlu  repot-repot membuat proposal dan lainnya tentang bisnis anda, cukup hanya memiliki persyartan yang diajukan oleh pihak perusahaan pembiayaan.

Tapi ini  jelas berbeda jika mengajukannya kepada sumber lain seperti teman, keluarga bahkan orang yang anda kenal dan berpotensi sebagai investor di perusahaan anda,

untuk mengajukan pinjaman modal seperti ini memang harus lebih dipersipakan dengan sangat matang, baik dari perencanan konsep bahkan strategi ketika menemukan kendala dalam menjalankan bisnis anda kedepannya.

Dengan memberikan keuntungan kerja sama atau pembagian hasil bagi penanam modal bisa dijadikan  sebagai syarat utama jika anda berencana menjadikan sumber lain untuk bekerja sama. tapi jika hanya untuk meminjam uangnya untuk dijadikan modal bisnis anda tidak perlu menjabarkan bisnis anda keseluruhan.

Pada intinya ketika mengajukan pinjaman modal atau mencari modal kepada sumber lain harus ditentukan terlebih dahulu apa yang anda butuhkan tentang permodalan ini apakah kerja sama tersebut dengan menanamkan modal di perusahaan anda atau hanya sekedar meminjamkan uang untuk dijadikan modal diperusahaan anda. setelah anda berhasil mengimplementasikan bisa langusng baca artikel cara-mudah promosi bisnis yang baru diluncurkan

Comments are closed.