Kredit Mobil Bekas

On September 28, 2013

pada artikel kali ini butuhdanatunai.com akan mencoba memberikan tips perhitungan mobil. Pada sebuah majalah bisnis di tahun 2007, menyatakan hampir 75% kepemilikan mobil di Indonesia melalui kredit mobil. Persentase tersebut mungkin sudah bertambah seiring dengan waktu, laju kepemilikan kendaraan bermotor terus melonjak naik setiap tahunnya. Pembelian mobil secara kredit merupakan solusi utama untuk anda tidak bisa membeli mobil secara cash. Pembelian otomotif berbeda dengan pembelian properti, otomotif secara umum tidak bisa dikategorikan dengan investasi. Harga mobil semakin lama akan terus menyusut.

kredit-mobil-bekas

Semenjak BI mengeluarkan kebijakan Down Payment (DP) minimum 30% untuk kendaraan roda empat, masyarakat kelas menengah yang ingin mempunyai mobil lebih memilih mobil bekas daripada mobil baru. Jika anda ingin membeli mobil bekas, harap diingat bahwa membeli mobil bekas berarti juga memindahkan problem mobil tersebut ke tangan anda. Sedangkan dengan membeli mobil baru, segala yang ada di mobil merupakan barang baru,mulai mesin, ban, bodi, cat dan lain-lain. Namun bagaimana jika uang yang anda miliki tidak mencukupi untuk membayar DP atau membayar angsuran perbulan mobil baru? Mari kita bandingkan kredit mobil baru dan mobil bekas.

Perbandingan Kredit Mobil Baru Mobil Bekas
Harga (Nilai DP, Angsuran) Lebih tinggi Relatif lebih rendah
Suku Bunga Lebih rendah Lebih tinggi
Biaya Perawatan Hampir tidak ada Pasti ada
Nilai Jual Kembali Berkurang relatif banyak dari harga beli Berkurang sedikit.
Garansi Ada Tidak ada
Kondisi Umum Mobil Baru, sempurna. Hampir pasti ada cacat.

 

Dari tabel perbandingan di atas dapat kita tarik kesimpulan tentang keuntungan dan kerugian kredit mobil bekas. Keuntungannya antara lain :

  1. Nilai DP dan angsuran bisa disesuaikan dengan bugdet yang tidak terlalu tinggi, dalam arti lebih terjangkau dari kredit mobil baru. Walaupun jika dihitung, nilai suku bunga kredit mobil bekas lebih tinggi dar
  2. Nilai jual mobil jika ingin dijual kembali akan mengalami penurunan harga (depresiasi) yang relatif lebih sedikit daripada mobil baru.

Sedangkan kerugian mengambil kredit mobil bekas antara lain :

  1. Suku bunga lebih besar daripada kredit mobil baru.
  2. Kondisi umum dari mobil hampir pasti ada cacat pada mobil, entah itu goresan pada bodi mobil karena kecerobohan pemilik sebelumnya. Untuk menghindari hal ini, disarankan untuk membeli mobil bekas dari dealer mobil bekas, karena kondisi kendaraan akan lebih terjamin, dan biasanya mereka memberikan garansi untuk waktu tertentu.

dengan penjabaran singkat di atas mudah-mudahan dapat menentukan perhitungan anda untuk mengambil keputusan dalam memilih untuk membeli mobil baru atau mobil bekas.  pilih lah yang sesuai dengan kondisi keuangan anda jangan sampai membebani keuangan anda. (sumber: dompetpintar)

Leave a Reply

Your email address will not be published.