cara mudah untuk menabung

On May 7, 2016

Bagaimana menjalani tips cara mudah untuk menabung adalah dengan membiasakannya, tentu saja dengan memulainya, dua kalimat diatas memang sangat mudah diucapkan tapi sangat sulit dilakukan, tentu sulit untuk sebagian orang tapi tidak untuk sebaian kecil lainnya yang sudah berhasil menabung.

Menabung menjadi kata yang sangat ingin bisa dilakukan tapi sulit dikerjakan, pada dasarnya menabung adalah sekedar kebiasaan, bagi yang tidak biasa akan terasa sulit untuk menabung, masih ingat ketika tahun 90an ada iklan yang diperankan oleh tante Titik Puspa yang isi iklannya mengarahkan kita untuk menabung.

kalau tidak salah selogannya seperti ini “ bang bing bung ayo kita nabung”, bagi yang meingingatnya berarti selamat anda adalah orang special yang hanya untuk menabung harus dibuatkan iklan di televisi.

Menabung hanya untuk orang yang memiliki penghasilan lebih, ah tidak juga, menabung itu dapat dilakukan oleh siapapun baik dari penghasilan bulanan yang kecil atau besar sekalipun,  jika menjadikan hal diatas sebagai alasan agar tidak mulai menabung berarti tidak ada keniatan untuk menabung, dan silahkan close halaman website ini karena anda hanya membuang waktu jika terus membaca padahal tidak memiliki keinginan untuk menabung.menabung

Seperti perkataan saya pada paragraph pertama bahwa menabung adalah keberanian untuk memulai dan kebiasaan untuk menabung, berikut tips cara mudah untuk menabung :

  1. mulai beranikan diri untukmanabung

Mulai berani untuk menabung berarti setelah baca artikel ini saya mengharapkan anda langsung membuka rekening tabungan di bank, atau membeli celengan yang terbuat dari bahan yang sulit untuk dirusak karena hal ini guna menghindari hasrat untuk membuka celengan tersebut.

Jika ingin membuka rekening di Bank ada baiknya memisahkan rekening yang biasa digunakan untuk transaksi dengan rekening yang khusus digunakan untuk menabung, bisa dalam satu bank tersebut atau dengan berbeda bank.

Untuk sebuah celengan adalah hal sederhana yang mudah didapat baik membeli di toko atau dengan memanfaatkan barang yang sudah tidak terpakai,  saran saya!! gunakan celengan jangan berbahan dasar pelastik atau yang mudah hancur.

biasanya bagi penabung pemula memiliki “syndrome tak tahan melihat celengan “. Untuk solusi mudahnya gunakan kaleng bekas makanan seperti biscuit lubangi tutupnya jangan terlalu besar dan lem sekitaran penutup agar sulit untuk dibuka.

 

 

 

  1. Membiasakan untuk menabung

Menabung akan terasa sangat sulit jika tidak biasa, dan bagaimana membiasankannya adalah denggan melakukannyasecara rutin serta konsisten.

Menabung untuk pertama kali jangan dengan jumlah yang besar, karena biasanya penabung dengan jenis ini yang pada awal menabung dengan jumlah besar hanya akan bertahan beberapa waktu saja, ironisnya terkadang ada juga yang bertahan hanya hitungan hari.

Inilah yang menjadi terasa sulit dan beratnya untuk menabung karena dimulai dengan jumlah besar sehingga menyampingkan kebutuhan pokok demi menabung, ini akan terasa berat pada waktu-waktu berikutnya.

Dengan membiasakan diri menabung dengan jumlah yang kecil tapi rutin dilakukan akan lebih baik ketimbang menabung diawal dengan jumlah besar tapi hanya bertahan beberapa waktu saja, untuk tahun pertama dalam rangka melatih kebiasaan menabung cukup dengan jumlah yang kecil dari penghasilan anda. baca juga artikel lainnya tentang keuangan cara cepat mengatur keuangan keluarga

 

 

Comments are closed.