Tips Merawat Cat Mobil Supaya Lebih Awet

On March 20, 2015

Kebanyakan pemilik mobil sering kali mengabaikan cara merawat cat mobil sehingga terkadang cat atau warna mobilnya akan lebih cepat rusak dan memudar. Padahal bagian luar mobil adalah salah satu bagian yang akan memberikan kesan pertama bagi orang yang melihat mobil tersebut.

Sebenarnya ada banyak penyebab cat pada mobil bisa cepat memudar dan menjadi kusam. Dan pada dasarnya tidak ada cara yang berbeda untuk merawat mobil dengan cat merah, putih ataupun hitam. Akan tetapi beberapa tips yang akan kami bahas pada artikel ini mungkin bisa membantu Anda untuk bisa lebih teliti lagi dalam merawat cat mobil. Tujuannya tentu supaya mobil Anda tidak perlu melakukan pengecatan ulang yang pastinya membutuhkan biaya tidak sedikit.

Merawat Cat Mobil untuk Membuat Bodi Terlihat Seperti Baru

merawat cat mobil

Jika Anda selalu menggunakan mobil Anda setiap harinya, maka sudah sepatutnya Anda selalu menjaga kebersihan seluruh bagian mobil Anda. Pasalnya jika Anda mengendarai mobil di jalanan yang penuh polusi, jalanan macet, apalagi di siang hari, hal tersebut ternyata cukup berpengaruh bagi warna mobil Anda. Nah, alasan lain mengapa Anda harus merawat warna mobil Anda supaya tetap terlihat tidak kusam adalah, jika suatu saat Anda hendak menjual mobil Anda, warna akan sangat memengaruhi.

Cara Merawat Cat Mobil

Nah, cara pertama yang harus Anda lakukan supaya cat mobil Anda terlihat tetap baru adalah dengan rutin mencucinya. Kotoran yang menempel dan menjadi flek di permukaan mobil semakin lama akan semakin membuat warna mobil menjadi kusam. Akan tetapi jika Anda mencucinya secara manual di rumah, yang harus Anda perhatikan adalah kain yang Anda gunakan untuk mengusap permukaan mobilnya. Usahakan gunakan kain yang halus supaya tidak meninggalkan baret di bodi mobil yang bisa merusak cat mobil Anda.

Selain itu Anda juga disarankan untuk selalu menggunakan shampo khusus saat membersihkan mobil. Jika terpaksa Anda harus menggunakan detergen biasa, jangan terlalu sering dan terlalu banyak menggunakan detergen tersebut. Justru lebih baik Anda menggunakan air biasa saja. Nah, mencuci dengan shampo mobil khusus ini tentunya akan menjaga warna dan cat mobil Anda tetap awet dan tahan lama.

Lalu bagaimana jika mobil Anda sudah terlanjur kusam? Tentu saja Anda harus melakukan pegecatan ulang jika Anda ingin penampilan mobil Anda lebih menarik seperti baru lagi. Atau bahkan Anda harus meggadaikan BPKB mobil anda untuk menalangi dana pengecatan mobil Anda.

So, maka dari itu Anda harus merawat cat mobil Anda dengan baik, supaya tidak terjadi hal-hal buruk yang tidak Anda inginkan. Demikian beberapa tips perawatan mobil yang bisa kami sampaikan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

Comments are closed.